ruang guru bogor

Wiki Article

Jika anda memiliki hobi membaca, bahkan tulisan-tulisan nonfiksi, tentu kamu nggak asing ulang bersama dengan istilah artikel. Kamu bisa mendapatkan postingan artikel terhadap rubrik spesifik di majalah, koran, atau artikel ilmiah yang sanggup kamu temukan di Google Scholar, Scopus, dan lain-lain. Bahkan, selagi ini pun anda tengah membaca sebuah artikel, lho.

Hmm, namun apa sih yang dimaksud bersama dengan artikel itu? Bagaimana struktur dan apa saja jenis-jenis artikel? Simak penjelasan berikut, ya.

Pengertian Artikel

Artikel adalah karangan memuat fakta dan opini yang dibuat untuk dipublikasikan di media cetak maupun tempat sosial. Artikel bertujuan untuk memberikan inspirasi dilengkapi knowledge dan fakta yang dihidangkan di dalam wujud tulisan. Sebuah artikel mampu meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembaca, lho. Menurut kamu, saat membaca Blog Ruangguru, kegunaan apa yang dirasakan? Komen di bawah yaa~

Tujuan Artikel

Setiap perihal yang kita cobalah untuk sampaikan dalam tulisan, sudah pasti miliki tujuan, ya guys. Tulisan-tulisan tersebut seandainya teks prosedur yang tujuannya untuk memberi petunjuk, teks eksplanasi untuk menyatakan sesuatu. Nah di artikel ini kami membicarakan mengenai tujuan berasal dari teks artikel.

Tujuan berasal dari artikel bisa di memandang berasal dari 2 sudut pandang, yaitu obyek bagi penulis artikel, dan target bagi pembacanya. Tujuan teks artikel bagi penulis iyalah:

Sarana untuk menyampaikan gagasan,
Sarana untuk berpikir secara sistematis,
Sarana publikasi hasil asumsi secara ilmiah,
Sarana untuk menguraikan atau mengulas pokok kasus yang telah ditentukan oleh peneliti,
Sarana untuk menyebutkan atau membicarakan suatu masalah sesuai bidang ilmu tertentu.
Nah itu tadi beberapa target artikel bagi penulis. Sementara itu, target dan kegunaan yang diterima pembaca artikel adalah sebagai berikut:

Sarana mendapatkan ilmu dan informasi

Sarana untuk mengedukasi

Sarana hiburan bagi pembaca


Ciri-ciri Artikel

Setelah tau obyek artikel berasal dari sisi penulis maupun pembaca, saat ini kami pelajari mengenai apa saja tanda-tanda artikel, ya! Kamu dapat mengidentifikasi sebuah teks artikel, jika postingan selanjutnya punyai ciri sebagai berikut:

1. Isi tulisan didalam artikel didasari oleh fakta
Seluruh postingan dalam artikel merupakan perihal yang nyata dan bukan sebuah rekayasa penulis maupun mitos.

2. Bersifat faktual dan informatif
Artikel bersifat faktual yang bermakna berdasarkan kenyataan dan mengandung kebenaran. Serta informatif yang berarti beri tambahan informasi berdasarkan hasil penelitian yang sanggup dipastikan kebenarannya.

3. Mengandung opini atau ide yang subyektif
Artikel ditulis berdasarkan ide atau opini penulisnya. Akan tetapi, anggapan selanjutnya dilandasi oleh fakta, hasil penelitian, maupun teori.

4. Artikel ditulis secara singkat, padat, dan jelas

Agar enteng ruang guru ceo untuk di terima pembaca, artikel termasuk ditulis bersama dengan komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas. Maka berasal dari itu artikel juga disebut sebagai postingan ilmiah populer.

5. Penulisan artikel dibuat bersama dengan sistematis

Artikel punya bagian-bagian tertentu dan ditulis secara sistematis, agar pembaca bisa jelas isinya bersama mudah.

Nah, setelah anda sadar pengertian dan ruang guru apk ciri-ciri artikel. Kira-kira anda tertarik nggak untuk membuat artikel? Eiits, tapi sebelum akan itu, kamu wajib mengetahui pernah gimana susunan sebuah artikel.

Hmm, layaknya yang kami tahu, tiap tiap teks pasti memiliki struktur. Dengan sadar susunan teks, kami mampu lebih gampang untuk mengakibatkan artikel, lho!

---

Sebelum lanjut ke materi susunan artikel, aku senang kasih tau program persiapan UTBK terlengkap dari Ruangguru, nih! Yu, klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut~

Paket Kilat UTBK

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri berasal dari tiga bagian, yaitu bagian Pernyataan pendapat atau tesis, bagian argumentasi, dan bagian pengakuan ulang atau reiterasi. Penjelasannya ada di bawah ya:

1. Pernyataan pendapat atau tesis
Bagian terhadap struktur artikel ini berisi deskripsi aktual yang perlu untuk dijadikan pijakan pembahasan di dalam artikel.

2. Argumentasi
Kemudian, bagian argumentasi yang memuat permasalahan yang cobalah dibahas dan akan dikupas secara faktual dan informatif.

3. Pernyataan kembali atau Reiterasi

Bagian struktur artikel yang terakhir yakni memuat kata-kata kunci yang merangkum pembahasan ke didalam bentuk simpulan.

Jenis-jenis Artikel

Berdasarkan langkah penyampaian dan tingkat kesulitan, type artikel dibedakan jadi empat macam nih. Kita bahas jenis-jenis artikel satu persatu ya:

1. Artikel praktis

Artikel praktis merupakan artikel yang mengedepankan keterampilan daripada pengembangan pengetahuan. Artikel ini condong naratif, berarti pesan yang disusun sesuai bersama alur waktu, peristiwa, atau tahapan.

Kamu pernah membaca artikel perihal saran sebabkan suatu hal atau langkah melakukan perbaikan dan mengoperasikan suatu alat? Nah, itu juga ke dalam artikel praktis.


2. Artikel mudah

Hal utama yang dibahas didalam artikel ini ialah persoalan yang ringan dan nggak perlu pemahaman yang mendalam. Biasanya, penulis mengemas artikel ini bersama humor atau berikan kesan menghibur pembaca, tapi isinya senantiasa informatif ya.

Jadi, pembaca tidak mesti berkonsentrasi penuh untuk membaca sebuah artikel ringan. Kamu sanggup mendapatkan artikel ini di majalah remaja, koran, atau blog. Contohnya kayak di Blog Ruangguru di bawah ini.

3. Artikel opini

Secara lazim seluruh artikel adalah opini. Tapi, type artikel ini cuma ada di didalam surat kabar atau majalah yang punyai penempatan khusus, lho. Penempatan tertentu ini terkandung dalam rubrik jikalau kolom opini, tajuk rencana atau editorial, dan lain-lain. Oh ya, kebanyakan artikel ini mengkaji suatu problem secara mendalam, menjadi dapat lebih baik seumpama penulis wajib memiliki pemahaman dan sudah ahli di bidang tersebut.

4. Artikel anggapan ahli

Jenis artikel ini bisa dikatakan wujud artikel yang paling “serius” diantara artikel lainnya. Artikel kesimpulan pakar berisi laporan sistematis mengenai hasil kajian atau penelitian, jika skripsi, tesis, disertasi atau penelitian lainnya.

Ciri khasnya yaitu penyajiannya yang tidak panjang lebar tetapi tidak mengurangi nilai keilmiahannya. Biasanya artikel ini dimuat terhadap jurnal-jurnal ilmiah. Bedanya, artikel lain biasa gunakan bhs populer, sedang skill academy ruang guru artikel ini wajib kenakan bahasa baku atau ilmiah. Beberapa orang menyebutnya artikel ilmiah.

Report this wiki page